10 Resep Masakan Tahu Berbagai Jenis, Mudah dan Lezzat

resep masakan tahu
Hallo bunda balik lagi nih sama mimin. Bunda dan keluarga ada yang suka sama olahan tahu ngga? Kalau iya pastinya bosen dong dengan masakan tahu yang gitu-gitu aja, seperti tidak ada variasinya bunda. Maka dari itu kali ini mimin akan tulis 10 Resep Masakan Tahu Berbagai Jenis, Mudah dan Lezzat yang bisa bunda coba sendiri.

Resep masakan tahu ini mimin jamin bakalan bikin nagih bunda dan keluarga, karena memang cita rasanya yang khas dan cara buatnya juga mudah banget bunda.


Oke bunda kita langsung saja bahas 10 Resep Masakan Tahu yang Lezzat di bawah ini bunda.

Resep Masakan Tahu

1. Resep Masakan Tahu Putih

resep masakan tahu lezzat
Resep pertama yang mimin tulis ialah olahan dari tahu putih. Biasanya yang identik dengan santan, kali ini mimin akan memberikan resep masakann pindang tahu putih. Iya bunda, tidak hanya ikan saja yang bisa dipindang tahu putih pun bisa dan rasanya juga tak kalah lezzat dengan olahan berbahan dasar ikan. Yuk simak selengkapnya resep masakan pindang tahu putih di bawah ini bunda.

Bahan-bahan

  • 10 buah tahu putih (usahakan tidak kecut)
  • 1 ikat kemangi
  • 2 buah tomat
  • 1 buah timun
  • 1 bungkus masako ayam
  • 1 sdt garam
  • Gula secukupnya
  • Lada secukupnya
Bumbu yang di iris
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 buah kunyit (kurang lebih 4cm)
  • 1 buah jahe (kurang lebih 3cm)
  • 2cm lengkuas geprek
  • 1 batang sere geprek
  • 4 lembar daun salam
Langkah memasaknya
  • Pertama kita panaskan minyak lalu masukan bumbu yang di iris tadi bunda, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan lengkuas serta sere, jangan lupa masukan daun salam juga lalu tumis hingga layu dan harum
  • Setelah itu bunda masukkan tahu yang telah dipotong sesuai selera, aduk secara perlahan agar tidak hancur.
  • ketika terlihat warna tahu yang sudah sedikit berubah, masukkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Masukkan juga garam dan gula secukupnya.
  • Terakhir masukkan tomat dan daun kemangi, masak hingga dirasa bumbu sudah meresap.
  • Selesai, dan hidangkan selagi hangat bunda
Mudah bukan bunda resep masakan tahu yang pertama ini, pindang tahu ini juga bisa dikombinasikan dengan telur puyuh yang sudah direbus bunda.

2. Resep Masakan Tahu Kecap

Resep masakan tahu kecap
Ada yang suka dengan olahan berbahan kecap bunda, mimin juga suka dengan olahan berbahan dasar satu ini. Kecap memang bisa membuat masakan terasa lebih nikmat bunda. Tak hanya resep ayam kecap saja yang digemari, resep masakan tahu kecap juga sangat digemari bunda. Oke bunda kita langsung saja ke pembahasan utamanya, berikut cara memasak tahu kecap lezzat dan mudah.

Baca juga :10 Resep Masakan Sehari-hari di Rumah Mudah dan Praktis


Bahan-bahan

  • 4 buah tahu (sesuai selera)
  • 4 buah cabai keriting
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam
  • Merica
  • Kecap Manis
  • Saus tiram
Langkah memasaknya
  • Pertama potong tahu berbentu kotak-kotak, atau lainnya sesuai selera bunda. Goreng hingga matang
  • Setelah itu, tumis bawang putih, bawang merah, cabai keriting yang sudah dipotong-potong sebelumnya, tumis hingga harum.
  • Lalu masukan tahu yang sudah digoreng tadi, tunggu agak meresap, baru masukkan saus tiram dan kecap secukupnya.
  • Kemudian masukkan garam dan merica bubuk tumis hingga matang, jangan lupa cicip sedikit bunda apakah bumbu sudah meresap atau belum.
  • Jika sudah berasa, angkat dan hidangkan.
  • Selesai
Resep masakan tahu kecap ini juga bisa digunakan untuk menu lain bunda, seperti untuk ayam atau tempe.

3. Resep Masakan Tahu Teriyaki

resep masakan tahu telur teriyaki
Kita lanjut ke resep masakan tahu yang berikutnya bunda, resep yang ketiga ini mimin memilih Resep tahu teriyaki. Masakan yang identik dengan negara Jepang ini termasuk makanan yang lezzat bunda, yuk simak resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 7 buah tahu kuning
  • 1 bungkus KOBE tepung bumbu putih (75gr)
  • 1/2 buah bawang bombay (iris kotak)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 2 cm jahe geprek
  • 1 buah cabai merah (iris serong)
  • 1 buah cabai hijau (iris serong)
  • 1/4 sdt lada kobe
  • 1 sdm kecap manis
  • 150 ml air
  • 2 bungkus saus tiram
Cara memasaknya
  • Pertama kita lumuri tahu dengan tepung bumbu putih KOBE, lalu goreng hingga matang, sisihkan
  • Kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
  • Lalu, tambahkan jahe, cabai iris dan tumis sampai sedikit layu
  • Setelah itu tambahkan juga lada, kecap manis dan air yang sudah disediakan, lalu tambahkan saus tiram
  • Aduk hingga semua bumbu tercampur rata, jangan lupa dicicip ya bunda supaya tau rasanya.
  • Selesai, siap dihidangkan.
Bagaimana bunda? Mudah bukan cara membuat tahu teriyaki satu ini. Ini bisa menjadi pilihan jika bunda dan keluarga bosan dengan olahan tahu yang biasa saja.

4. Resep Masakan Tahu Tempe

Resep masakan tahu tempe
Lanjut keresep berikutnya bunda, resep ini mimin pilih karena rasanya juga sangat enak dan tidak buat bosan. Resep tahu tempe kuah asam manis, cobain yuk bunda.

Bahan-bahan

  • 15 potong tahu (potong bentuk dadu)
  • 1 bungkus tempe (potong bentuk dadu)
  • 1 sachet saus tiram dan saus raja
  • 1 sachet saus lombok
  • 1 buah tomat
  • garam, gula dan penyedap secukupnya
  • Bawang putih dan bawang merah, cabai (cincang kasar, pisahkan)
Cara memasaknya
  • Langkah pertama goreng terlebih dahulu tahu sampai setengah matang, sisihkan
  • Tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan bawang merah, cabai dan tomat, tumis sampai harum
  • Masukkan saus tiram, saus lombok, saus raja, gula garam dan penyedap secukupnya, lalu aduk dan diamkan sebentar agar bumbu lebih meresap.
  • Tambahkan air secukupnya, kurang lebih satu gelas besar.
  • Kemudian masukkan tahu tadi dan tempe, tunggu hingga mendidih dan dirasa bumbu sudah meresap.
  • Selesai, jangan lupa dicicip bunda agar tau apa yang kurang
Resep yang ke empat ini mimin juga sangat suka bunda, silahkan bereksperimen dan semoga berhasil.

5. Resep Masakan Tahu kuning

resep membuat batagor tahu kuning
Resep yang satu ini mimin pilih dari jajanan bunda, supaya tidak bosan dari tadi makanan berat terus, hehe. Langsung saja bunda, kita akan membuat batagor tahu kuning, simak resepnya berikut ini ya.

Bahan-bahan

  • 5 buah tahu kuning
  • 7 sdm tepung terigu
  • sedikit soda kue dan baking powder
Bahan biang
  • 3 sdm tepung tapioka/aci
  • 1 gelas belimbing air
  • 3 siung bawang putih
  • lada dan ketumbar secukupnya
  • garam dan penyedap rasa secukupnya

Sambal kacang

  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 1/2 lingkaran gula merah
  • 1/2 gelas belimbing kacang tanah

Cara membuatnya
  • Pertama buat adonan biangnya dulu, campurkan tepung tapioka, bawang putih, lada, ketumbar, garam dan penyedap rasa yang sudah dihaluskan. Tambahkan air secukupnya
  • Lalu masak dalam api sedang sampai mengental
  • Tambahkan tepung terigu 6 sdm penuh, lalu aduk selagi panas sampai rata. Apabila sudah rata, tambahkan soda kue dan baking powder sedikit saja.
  • Buat sambal kacang, goreng cabai, bawang putih dan kacang tanah sampai kecoklatan lalu blender dan tambahkan air secukupnya
  • Masak sambal kacang tadi dan beri minyak sedikit, angkat apabila sudah mengental dan airnya surut.
  • Goreng adonan batagor dengan tahu, cukup lilitkan adonan ke tahu dan goreng hingga coklat keemasan
  • Terakhir, iris batagor sesuai selera, beri sambal kacang dan perasan jeruk limo dan juga kecap.
  • Selesai

6. Resep Masakan Tahu Tempe Kecap

resep masakan tahu tempe kecap
Lanjut bunda keresep berikutnya, satu ini adalah resep tahu tempe kecap. Masih seputar kecap ya bunda, hehehe. Simak resepnya berikut bunda.

Bahan-bahan

  • 1 bungkus tempe
  • 2 bungkus tahu
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah cabai merah
  • 1 buah cabai hijau
  • tomat secukupnya (sesuai selera)
  • Kaldu ayam, merica, kecap asin, kecap manis
  • 1 sdt mentega
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdt gula
Cara memasaknya
  • Pertama-tama iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau dan tomat.
  • Potong tempe dan tahu bentuk dadu ukuran sedang
  • Goreng semua tempe dan tahu hingga setengah matang, sisihkan
  • Panaskan minyak sedikit, tambahkan juga mentega tadi
  • Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, dan tomat sampai matang dan harum, lalu masukkan saus tiram
  • Selagi menumis tambahkan sedikit air kurang lebih 100ml
  • Setelah itu masukkan bumbu merica, garam, kaldu dan gula secukupnya. Jangan lupa tambahkan kecap manis dan kecap asin secukupnya
  • Jika rasa sudah pas, masukkan tempe yang sudah digoreng tadi
  • Masak dalam api kecil, tunggu sampai air mendidih dan tinggal sedikit.
  • Angkat dan hidangkan selagi panas,
  • Selesai.

7. Resep Masakan Tahu Goreng

resep masakan tahu crispy
Ada yang pernah mencoba olahan tahu crispy, tahu goreng dengan rasa garing namun tetap nikmat bunda. Kalau di tempat mimin tahu crispy laris banget tu, jadi bunda tau ember cat yang besar itu. Penjualnya goreng 3 ember waktu 4 jaman langsung abis. Bunda bisa cobain sendiri, resepnya juga mudah kok.

Bahan-bahan
  • 2 buah tahu putih besar (bisa lebih, sesuai selera aja)
  • 75 gr tepung terigu
  • 30 gram tepung tapioka
  • 1 sdt boking powder
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 250 ml air kurang lebih
Cara membuatnya
  • Potong tahu bentuk dadu besar, sisihkan
  • Masukan semua bumbu termasuk air lalu aduk sampai rata, kemudian masukan tahu tadi kedalam adonan dan diamkan selama 10 menit.
  • Jika sudah 10 menit, panaskan minyak lalu masukan tahunya terlebih dulu.
  • Jika tahu sudah matang, siramkan adonan cair tadi keatas tahunya lalu aduk hingga adonannya menyatu dengan tahu
  • Goreng hingga kuning kecoklatan lalu angkat
  • Selesai
Jangan lupa dicoba ya bunda resep diatas, kalau suka dan enak kan bisa dijadikan ladang uang bunda, hehehe.

8. Resep Masakan Tahu Sutra Saus Tiram

resep masakan tahu sutra saus tiram
Langsung aja deh bunda ya, resep ke delapan yang akan mimin berikan adalah resep masakan tahu sutra. Tahu ini juga memiliki ciri khas yakni teksturnya yang lebih empuk. Yuk simak resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan
  • 1 kotak tahu sutra (potong-potong)
  • 2 wortel potong serong
  • 1/4 udang kupas
  • 2 bawang putih cincang
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • Air matang secukupnya
  • Jangan lupa minyak ya bunda
Cara memasaknya
  • Langkah pertama, tumis bawang putih hingga harum, masukkan wortel dan udang lalu tumis hingga harum, tambahkan air kurang lebih 3 gelas belimbing.
  • Tutup wajannya, dan tunggu hingga wortel menjadi empuk, lalu masukkan tahu sutra yang sudah digoreng terlebih dahulu.
  • Tambahkan sisah bahan diatas, aduk rata dan tunggu hingga mendidih
  • Angkat dan hidangkan selagi panas,
  • Selesai.
Oke bunda jika sudah, lanjut lagi hehehe.

9. Resep Masakan Tahu Teri Saus Tiram

Bahan-bahan
  • 1 bungkus tahu kuning
  • 1/2 ons teri (teri apa saja bisa)
  • 1 ikat daun sawi
  • 5 siung bawang merah (iris)
  • 2 siung bawang putih (iris)
  • 4 buah cabai hijau besar (iris)
  • 3 buah cabai merah keriting (iris)
  • 4 buah cabai rawit (iris)
  • 1 buah tomat (potong sesuai selera)
  • Garam, gula secukupnya
  • 2 sdm saori
  • Royko sapi
Cara memasaknya
  • Pertama goreng tahu sampai coklat, dan goreng juga teri sampai setengah matang saja, sisihkan
  • Tumis bawang merah dan bawang putih, semua cabai dan tomat sampai harum
  • Setelah itu masukkan tahu dan teri yang sudah digoreng tadi, aduk rata, tambahkan garam, gula, royko sapi, saus tiram dan air secukupnya. Masaka hingga mendidih dan air sedikit surut.
  • Selesai dan siap disantap selagi hangat

10. Resep Masakan Tahu Putih Pedas

resep masakan tahu putih pedas
Kita sampai pada resep yang terakhir bunda, untuk persembahan terakhir mimin akan berikan resep masakan tahu putih ekstra pedas. Resep ini mimin buat pecel ya bunda, supaya ada variasinya gitu. Untuk semakin meningkatkan nafsu makan bunda, hehe. Yuk simak resepnya di bawah ini bunda.

Bahan-bahan

  • 3 buah tahu putih
  • sayur kol secukupnya
  • 3 butir cabai rawit (bisa ditambah jika kurang pedas)
  • 5 butir cabai merah
  • 1 siung bawang putih
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
Cara memasaknya
  • Pertama rebus tahu terlebih dahulu sampai airnya mendidih, jangan terlalu lama karena tahu bisa hancur
  • Kemudian haluskan bumbu yang sudah disediakan tadi bunda
  • Lalu iris tipis sayur kol secukupnya, dan iris bentuk dadu tahu yang sudah direbus tadi bunda
  • Kemudian campurkan semua bahan kedalam bumbu yang sudah dihaluskan
  • Terakhir aduk sampai rata,
  • Selesai, pecel tahu dan kol exstra pedas sudah siap bunda
Itulah bunda 10 resep masakan tahu yang bisa bunda coba dirumah masing-masing. Terima kasih, semoga membantu bunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar